Komunikasi pada prinsipnya merupakan salah satu persyaratan dalam
penyelenggaraan layanan kesehatan yang berkualitas. Kualitas pelayanan
dipengaruhi oleh dua faktor yaitu pelayanan di bidang teknis medis dan
pelayanan di bidang komunikasi. Klien tidak akan puas apabila mendapat
pelayanan dari segi medis saja, tanpa diimbangi dengan proses komunikasi yang baik dan komunikatif efektif antara petugas
dengan kliennya, demikian
pula sebaliknya.
Terbangunnya hubungan baik antara sesama petugas rumah sakit, petugas
rumah sakit dengan klien, petugas rumah sakit dengan masyarakat diluar rumah
sakit termasuk organisasi yang peduli kesehatan, dll. Merupakan hasil dari
penyelenggaraan proses komunikasi yang baik. Walaupun ilmu komunikasi telah
dipahami oleh petugas kesehatan, namun dalam penerapannya petugas kesehatan
belum mampu melakukannya dengan baik. Akibatnya sampai saat ini hubungan
diantara sesama petugas rumah sakit maupun hubungan dengan kliennya serta
dengan masyarakat masih terdapat banyak permasalahan diantaranya adalah
menurunnya utilisasi pelayanan rumah sakit, tingginya jumlah keluhan klien yang
tidak puas, menurunnya citra atau image pelayanan yang diselenggarakan rumah
sakit, konflik diantara sesama petugas, manajemen rujukan yang tidak berjalan
sebagaimana mestinya, dll. Upaya untuk mengatasi keadaan tersebut adalah dengan
meningkatkan kemampuan petugas rumah sakit dalam berkomunikasi.
Penyelenggaraan Pelatihan ini adalah suatu perwujudan nyata dalam
pengembangan kompetensi tenaga pelayanan pasien di rumah sakit yang sekaligus
berdampak pada peningkatan mutu dan citra layanan kesehatan kepada masyarakat.
Diharapkan dengan adanya pelatihan ini mampu memberikan bekal keterampilan baru
tentang komunikasi efektif di Rumah Sakit dan dapat diaplikasikan dalam
mendukung pelaksanaan tugas pelayanan di Rumah Sakit.