Ear Nose Throat Skills for General Practitioner (ESGP)

PENTINGKAH PELATIHAN ESGP?

Secara nasional saat ini Indonesia menghadapi tantangan kesehatan berupa transisi demografis dan epidemiologis. Permasalahan ini tidak saja terkait morbiditas dan mortalitas namun juga menyangkut aspek sumber daya manusia dan fasilitas pelayanan kesehatan.  Perhimpunan Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorok-Bedah Kepala Leher (T.H.T.K.L) sangat berperan dalam mewujudkan sumber daya manusia yang mampu menghasilkan inovasi kesehatan yang berguna bagi bangsa.  Peningkatan keterampilan dokter umum harus mampu menyelaraskan diri dengan rencana pembangunan kesehatan Indonesia saat ini dan masa depan.

Diberlakukannya sistem Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) per tanggal 1 Januari 2014 dengan konsep Universal Coverage yang diimplementasikan di Indonesia diperlukan penguatan pelayanan kesehatan di tingkat primer dan penekanan usaha promotif dan preventif. Para dokter umum harus mampu melakukan upaya promotif dan preventif pada masyarakat dan komunitas, melalui upaya mendiagnosis penyebab masalah di masyarakat dan lebih jauh bekerja sama dengan profesi lain termasuk Perhati-KL untuk mengatasi penyebab masalah tersebut.

Para dokter umum harus mampu memperkuat sistem pelayanan kesehatan melalui pengembangan diri. Para dokter umum sebagai lini pertama kesehatan harus mampu meningkatkan kompetensi teknis guna menjamin keselamatan pasien dan mutu pelayanan kesehatan. Para dokter umum harus mampu menegakkan diagnosis dan diagnosis banding masalah kesehatan dengan menerapkan keterampilan klinis yang sesuai termasuk anamnesis, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan.

Demi tercapainya peningkatan keterampilan para dokter umum tersebut, Perhati-KL Cabang Jawa Barat bekerja sama dengan Ikatan Alumni (IKA) Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Bandung, mengadakan ENT Skills for General Practitioner (ESGP).

ENT Skills for General Practitioner (EGSP) adalah keterampilan dasar yang diperlukan di dalam melakukan prosedur pemeriksaan pasien dengan keluhan yang sering didapatkan di tempat praktek dan wajib dimiliki oleh seorang tenaga medis sebagai lini pertama kesehatan. 

TUJUAN PELATIHAN

  • Menunjukkan sikap dan perilaku yang sesuai dan terstandardisasi dalam pelaksanaan kasus-kasus T.H.T.K.L.
  • Menerapkan ilmu dan teknologi di Bidang Telinga Hidung Tenggorok-Bedah Kepala Leher (T.H.T.K.L).
  • Meningkatkan pelayanan dan keterampilan

JADWAL PELATIHAN

  • 3 hari
  • Pelatihan dimulai pada pukul 13.00

LOKASI

Gedung Pendidikan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran

Jl. Eyckman No. 38 Bandung

PERSYARATAN PESERTA

  1. Persyaratan bidang disiplin ilmu: Kedokteran
  2. Persyaratan kualifikasi: dokter umum, mahasiswa fakultas kedokteran (dokter muda) setara S1

METODE PELATIHAN

  1. Kuliah interaktif
  2. Skill Station
  3. Praktek pada manekin
  4. Diskusi
  5. Demonstrasi
  6. Pre dan Post test

SERTIFIKASI

Peserta akan mendapatkan sertifikat akreditasi SKP IDI dari FK Unpad dan Perhati-KL Jawa Barat

FASILITAS PESERTA

  • Buku
  • Training Kit (Goodybag, Notes, Pulpen, ID Card)
  • Makan siang (1x per hari)
  • Coffee Break (2x per hari)

BIAYA PELATIHAN

Call 

PERSYARATAN ADMINISTRASI

  • Fotocopy ijazah profesi dokter (1 lembar)
  • Foto berwarna ukuran 4×6 latar belakang merah (4 lembar)

CONTACT PERSON

  • 0838 2151 2081 (Nabila)
  • 0822 1600 1160 (Tedy)